Jumat, 19 Mei 2017

Pemotongan Sapi, Agenda Acara Khataman dan Haul pp. Al-Hidayat


Tiga hari lagi hari-H acara Haflah Khotmil Kutub, Khotmil Qur'an dan Haul Buya Abrori Akwan di Pondok Pesantren Al-Hidayat Gerning akan berlangsung tepatnya pada hari Ahad/Minggu pagi 21 Mei 2017. Prosesi acara dan persiapan-persiapan haflah sudah di mulai hari ini, Jum'at, (19/5).

Semaan al-Qur'an 30 juz oleh para khotimin di 4 tempat dimulai sejak tadi pagi yang dibuka langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Alhidayat Gerning KH. Ahmad Ma'shum Abror. Sementara Musabaqoh Hifdzul Mutun (Matan Aqidatul Awam, Jerumiyah, Imrithi dan Alfiyah) telah usai tadi malam. Para khootimi Mutunil Kutub bersaing ketat dalam musabaqoh yang di gelar selama 4 hari tersebut (dari  malam Selasa - malam Jumat). Alhamdulillah sudah di peroleh juaranya, dari juara 1 - 3.

Pagi ini, Jum'at, (19/5), kesibukan sudah merata dari persiapan listrik-listriknya, kamar mandi, ruang tamunya, terob, pembersihan lokasi dan menu-menu masakan pun sudah mulai sibuk dipersiapkan.

Sejak pagi hari sekitar jam 7;30 sang penjagal ulung KH. Ahmad Rusdi Ubaidillah Abror yang juga Pengasuh Pondok Pesantren, sudah menebas puluhan leher, dari leher ayam, kambing sampai yang paling dramatis adalah leher sapi. Semua telah tergorok habis. Ayam dan kambing dari para khotimin, sedangkan sapinya dari H. Jimi Surabaya asal Lampung.

Semaan al-Qur'an empat titik yang digelar hari ini akan selesai atau khatam besok siang, Sabtu (20/5), di sambung dengan semaan para khotimil kutub yang di semak langsung oleh walinya masing-masing. Berlanjut dengan acara Temu Alumni, kemudian puncak acaranya dimulai sejak sabtu malam (malam minggu) dengan agenda acara manaqiban oleh jama'ah al-Khidmah dan masyarakat.

Pada Minggu pagi (21/5) acara puncak Pengajian Khotmil Kutub, Khotmil Qur'an dan Haul Buya Abrori Akwan akan digelar di halaman pondok pesantren Al-Hidayat Gerning. Mudah-mudahan Allah memudahkan semuanya dan bisa berjalan sesuai rencana atau lebih bagus dan manatafff lagi, aamiin.....