K.H. Zubair Dahlan Sarang
Kehidupan Semasa
Kecil
K.H. Zubair
Dahlan dilahirkan pada tahun 1323H di daerah pesisir pantai, tepatnya, di Desa
Karangmangu, Sarang Rembang. Suatu daerah yang merupakan perbatasan antara Jawa
Tengah dan Jawa Timur. Beliau adalah putra ke-2 dari Kyai Dahlan dan Ibu Nyai
Hasanah. Pada masa kecilnya, beliau tumbuh dan berkembang keilmuwannya di bawah
bimbingan ayahandanya. Dalam permasalahan ta'alum (pendidikan),
beliau belajar
membaca Al-Qur'an dan ilmu-ilmu dasar agama Islam langsung di bawah pantauan
kakek beliau, Kyai Syua'ib yang sudah masyhur dengan ke'alimannya. Sehingga
pada umur yang relatif sangat muda (6 tahun), beliau sudah dapat membaca
Al-Qur'an dengan baik disertai dengan tajwid-tajwidnya. Sejak kecil beliau
terkenal dengan kecerdasannya, serta memiliki himmah yang kuat untuk
mempelajari dan mendalami ilmu-ilmu agama. Dalam bimbingan kakeknya, beliau
dapat mempelajari bermacam-macam cabang ilmu pengetahuan agama Islam. Adapun
dalam bidang sastra dan gramatika Arab, beliau dibimbing langsung oleh
ayahandanya. Dalam bidang ilmu fiqih beliau menghatamkan kitab Taqrib dari
paman beliau, Kyai Ahmad bin Syua'ib. Sedangkan kitab Fathul Wahab beliau
mengaji di bawah bimbimgan Kyai Fathur Rohman bin Kyai Ghozali.
Rihlah K.H.
Zubair Dahlan dalam Mendalami Ilmu Agama
Kehausan beliau
dalam mendalami pengetahuan ilmu agama tidak cukup hanya di daerah kelahiran
saja. Bertepatan pada usia ke-17 beliau pergi ke Makkah Al- Mukarromah bersama
dengan kakek dan neneknya, Kyai Syua'ib beserta istri. Beliau tinggal di sana selama tiga tahun
bersama pamannya, Kyai Imam Kholil. Dalam kesempatan ini, beliau menimba ilmu
sebanyak-banyaknya dari para ulama' Al-Harom As-Syarif. Diantaranya, Kyai Baqir
Al-Jokjawy (Yogyakarta). Dari Kyai Baqir ini,
beliau mendalami ilmu-ilmu Hadis, Tafsir Jalaalain, Sarah Imam Al-Mahally dan
lain-lain. Dan dari Syekh Al 'Alamah Hasan Al-Yamany, putra Syekh Sa'id
Al-Yamany, beliau mempelajari ilmu gramatika Arab, misalnya, Syarah Matan
Al-Jurumiyyah, Syarah Al 'Alamah Kafrawi dan lain sebagainya. Sehingga pada
suatu ketika beliau pernah disuruh gurunya untuk mengi'robi suatu lafaldz مررت بزيد ,ضرب زيد عمرا beliau berkata, "Marortu fi'il madli
mabni sukun, ta' merupakan dlomir yang mabni dlomah yang statusnya menjadi
fa'il dari مرّ . Dari kejadian itulah beliau diberi julukan
oleh gurunya dengan julukan "Zubair Al- Kuffy".
Selang beberapa
waktu berlalu, beliau kembali ke tanah Jawa bersama sang paman, Kyai Imam
Kholil. Namun, pendalaman ilmu agamanya tidak cukup hanya sampai di situ saja.
Meskipun sudah belajar di Makkah, beliau masih melanjutkan berguru kepada Syekh
Al 'Alamah Kyai Faqih bin Abdul Jabbar Maskumambang. Di bawah bimbingan Kyai
Faqih, beliau mempelajari berbagai bidang ilmu, diantaranya, kitab Tafsir,
Jam'ul Jawami', Syarah Ummul Barahin (bidang aqidah). Pada kesempatan ini,
beliau mendapatkan ijazah dari gurunya ini, yang termaktub dalam suatu
kumpulan, yang diberi nama "Kifayatul Mustafid". Di sini dicatat
sanad-sanad Kyai Zubair dari jalur Syaikh Muhammad Mahfud bin Abdullah At
Turmusy.
Pada tahun
1371H, beliau berangkat ke Makkah Al-Mukarromah lagi bersama para jamaah haji
dari Indonesia untuk
menunaikan rukun Islam yang ke lima.
Pada waktu ini, beliau bertemu dengan seorang yang 'alim, yang mulia Sayyid
Alawi bin Abbas Al-Maliky. Dalam kesempatan ini beliau mengikuti majlisul ilmi
yang diasuh Sayyid Alawy, yang bertempat di Babussalam (pintu yang berada di
tempat sa'i). Beliau sangat kagum dengan apa yang disampaikan oleh Sayyid
Alawy, karena penyampain Sang Sayyid disampaikan dengan bahasa yang fushah
(ejaan yang sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa Arab) dan ta'bir-ta'bir yang
bagus. Dan pada waktu haji itu juga, beliau bertemu dengan seorang yang 'alim
dari Indonesia
yang telah menetap di Makkah, Syeikh Al 'Alamah Ustadz Yasin Bin Isa Al Fadany.
Di sela-sela pertemuan yang singkat itu, beliau di ijazahi oleh Syaikh Yasin
seluruh kitab yang telah beliau pelajari (Ijazah Muthlaq).
Kepribadian,
Husnul Huluq Dalam Berprilaku
K.H. Zubair
merupakan salah satu figur yang patut sebagai teladan kita semua, khususnya
para santri. Di antara sekian banyak sifat-sifat beliau, ada beberapa yang
menonjol, yaitu ketekunan dalam memperdalam pengetahuan agama, sifat lemah
lembut dan mengasihi orang yang lemah dan orang-orang fakir. Selain itu, beliau
juga sangat senang dengan santri, berpegang teguh dengan sunah-sunah dan
sejarah-sejarah ulama' salafus sholih. Beliau juga sosok yang sangat menjauhi
bid'ah-bid'ah yang melenceng dengan ajaran-ajaran syari'at Islam. Walaupun
dengan kebencian ini, beliau akan mendapat gunjingan maupun celaan dari orang
yang tidak menyukai apa yang dilakukan.
Setelah
perjalanan panjang dalam pencarian pengetahuan agama ke berbagai daerah.
Bertepatan dengan umur 23 tahun, beliau mulai ikut berpartisipasi mengajar di
Pon-pes di daerah kelahirannya (Sarang). Santri-santri di sana sangat antusias ingin belajar kepadanya,
dengan bukti pada waktu mengajar, tempat pengajian selalu penuh. Beliau mengaji
meliputi kitab-kitab yang kecil, seperti Matan Taqrib, Jurumiyyah, Aqidatul
Awam. Dan juga ada kitab-kitab yang besar seperti Jamiul Jawami', Tafsir
Baidlowi, beserta kitab-kitab karya Imam Al-Mahalli.
Seluruh umur
K.H. Zubair dicurahkan semuanya untuk mengajar ilmu-ilmu agama Islam. Dalam
rutinitas tiap bulan Romadlon, beliau mbalah (membaca) Tafsir Jalalain. Prilaku
ini merupakan kebiasaan tiap tahun. Menginjak umur yang makin sepuh (60 tahun),
beliau lebih banyak membaca kitab-kitab di bidang tasawuf seperti kitab
Minhajul 'Abidin, Kitab Hikam, dan Kitab Ihya' Ulumuddin yang menemani dan
mengiringinya sampai beliau wafat.
Keluarga K.H.
Zubair Dahlan
Pada usia 24
tahun, beliau menikah dengan putri sang paman (dari ibu), Mahmudah binti Kyai
Ahmad bin Syua'ib. Dari pernikahan itu, beliau dikaruniai oleh Allah lima putra dan putri.
Tapi, semuanya meninggal pada waktu masih kecil, kecuali satu yang masih hidup
sampai sekarang, yaitu Syaikh K.H. Maimoen Zubair. Selang berapa tahun kemudian
istri beliau meninggal. Tepatnya pada bulan Jumadil Akhir tahun 1358 H.
Kemudian beliau menikah lagi dengan Aisyah binti Kyai Abdul Hadi dari keluarga
Burna. Pada pernikahan kedua ini, beliau di karuniai lima putri, Halimah, Sai'dah, 'Afifah,
Sholihah, Salamah, dan satu putra, yaitu K.H. Ma'ruf Zubair.
Karya-Karya K.H.
Zubair Dahlan
Dalam
kesibukannya setiap hari, KH. Zubair masih menyempatkan diri untuk mengarang
beberapa kitab. Diantaranya, Kitab Manasik Haji, Nadlom Risalah As
Samarqondiyah yang diberi nama Al-Qolaid Fi Tahqiqi Ma'na Isti'aroh, dan
beberapa Nadloman mengenai Rumus-Rumus Fuqoha'. Beliau juga membuat beberapa
Sya'ir mengenai etika, hisab dan lain sebagainya. Misalnya sya'ir dalam hal
kesabaran dalam urusan rizqi:
لاَ
تَعْجَلَنَّ فَلَيْسَ الرِّزْقُ بِالْعَجَلِ * اَلرِّزْقُ يَأْتِيْ بِلَا رَيْبٍ
مَعَ الْأَجَلِ
فَلَوْ
صَبَرْتُمْ لَكَانَ الرِّزْقُ يَأْتِيْكُمْ * لَكِنَّهُ خُلِقَ الْإِنْسَانُ مِنْ
عَجَلٍ
Artinya;
- Janganlah kalian tergesa-gesa tentang urusan rizqi, Karena rizki tidak datang dengan tergesa-gesa tanpa keraguan.
- Apabila kalian bersabar, niscaya rizqi akan mendatangi kalian. Tetapi manusia diciptakan dengan (bertabiat) tergesa-gesa.
Pulang Ke
Rahmatullah
Seperti
keseharian yang dijalankan, yaitu mengajar ilmu-ilmu agama. Sehingga bertepatan
dengan bulan Sya'ban, atas permintaan sebagaian santri, beliau meneruskan pembacaan
kitab Ihya 'Ulumuddin juz ke-4. Kitab ini Alhamdulillah beliau khatamkan pada
permulaan sepuluh hari terakhir pada bulan Sya'ban (21 sya'ban). Kemudian pada
bulan Ramadlon, seperti rutinitas tiap bulan Ramadhan sebelumnya, beliau mbalah
(membaca) kitab Tafsir Jalalain. Dan ini merupakan kitab terakhir yang dibaca
sebelum wafat. Tiba-tiba pada tanggal 10 Romadlon beliau mengalami sakit panas.
Sakit ini, makin lama semakin bertambah hingga akhir hayatnya. Ini bertepatan
dengan terbenamnya sang surya pada malam Selasa setelah maghrib hari ke-15
bulan Ramadlon tahun 1389H, beliau wafat pada umur yang ke-65, hidup dengan
sederhana dan meninggal dalam kesedarhanaan pula (يعيش فقيرا ويموت فقيرا). Semoga K.H.
Zubair Dahlan mendapat rahmat dari Allah dan di tempatkan di surga Al-firdaus.
Amin ya robbal 'alamin.
Sumber:
http://www.ppalanwar.com/news/341/93/